Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Wisata Murah ke Luar Negeri Layaknya Backpacker

TempatWisataKu.com - Dalam hal bepergian, kita semua memiliki preferensi masing-masing. Beberapa orang ingin tinggal di hotel bintang lima, yang lain ingin memesan penerbangan dan hotel pada menit terakhir. Sementara beberapa orang menyukai pengalaman mewah, yang lain senang dengan ransel dan beberapa tempat tidur hostel yang kotor. Apa pun anggaran atau gaya perjalanan Anda, Anda masih bisa bepergian ke luar negeri tanpa menghabiskan terlalu banyak uang dengan mengikuti cara wisata murah ke luar negeri berikut ini:

5 Cara Wisata Murah ke Luar Negeri Layaknya Backpacker


Pesan penerbangan sedini mungkin

Cari penerbangan yang sedang dijual. Penerbangan sering kali dijual setidaknya satu atau dua minggu sebelum keberangkatan, jadi jika Anda dapat menunda pemesanan tiket Anda sampai saat itu, Anda mungkin menghemat uang.

Jika memungkinkan, cari penerbangan yang memiliki persinggahan. Terkadang hal ini tidak dapat dihindari (misalnya, jika penerbangan Anda dari New York ke Tokyo melalui Los Angeles), tetapi terkadang itu opsional dan dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Jika ada maskapai penerbangan yang berbasis di negara lain di mana Anda ingin berakhir setelah penerbangan domestik Anda-atau jika bandara itu sendiri berada di tempat yang menarik-maka manfaatkanlah! Mungkin biayanya lebih mahal daripada mendapatkan penerbangan langsung, tetapi itu akan sepadan ketika hari-hari ekstra itu memungkinkan dia lebih banyak waktu menjelajahi negara atau kota baru.


Pergi ke tujuan di luar bulan-bulan musim panas

Jika Anda ingin bepergian ke luar negeri dan menghemat uang, cara terbaik adalah menghindari periode puncak liburan. Bepergian di musim sepi tidak hanya akan lebih murah, tetapi juga dapat menawarkan cuaca yang lebih baik dan lebih sedikit keramaian di tempat-tempat wisata.

Destinasi paling populer bagi para pelancong adalah destinasi musim ramai - dan mereka mengenakan biaya yang sesuai bagi mereka yang ingin berkunjung selama waktu itu dalam setahun. Untuk menghemat uang tunai, pertimbangkan untuk bepergian selama musim sepi; dengan cara ini, Anda akan dapat menikmati semua tempat wisata favorit Anda dengan sedikit turis lain di sekitarnya!


Teliti harga di tempat tujuan

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan ketika merencanakan perjalanan Anda adalah meneliti harga di tempat tujuan Anda. Baca ulasan, tanyakan kepada teman dan kolega yang pernah ke sana, lihat di peta Google-lakukan apa pun yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran tentang berapa harga barang di setiap tempat yang akan Anda kunjungi. Setelah Anda memiliki gambaran tentang berapa harga barang, tambahkan sekitar 10% untuk inflasi dan pastikan aplikasi atau alat penganggaran apa pun masih berfungsi dengan harga-harga baru tersebut.

Langkah ini sangat penting jika Anda akan pergi ke suatu tempat seperti Thailand di mana banyak hal yang secara signifikan lebih murah daripada di Amerika Utara, tetapi masih ada beberapa tempat di mana turis akan dikenakan biaya lebih banyak karena mereka tahu bahwa mereka bisa lolos dengan mengenakan biaya lebih seperti taksi.


Rencanakan perjalanan darat

Jika Anda mencari cara wisata murah ke luar negeri, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ke mana Anda ingin pergi. Jika itu adalah tujuan populer, Anda dapat berharap bahwa hotel dan tempat wisata akan lebih mahal. Hindari tempat-tempat seperti London atau Paris jika Anda mencoba menghemat uang. Sebagai gantinya, cobalah salah satu dari pilihan ini:

  • Rencanakan perjalanan darat.
  • Kunjungi taman-taman nasional di negara tersebut. Biasanya taman-taman ini tidak terlalu ramai dibandingkan daerah lain dan seringkali gratis!
  • Temukan rute yang kurang populer di kalangan wisatawan (yaitu, tidak banyak hotel atau restoran). Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menemukan penawaran hebat dengan cara ini juga!
  • Hindari jebakan turis dengan segala cara-mereka tidak sebanding dengan biaya tambahan yang mereka kenakan karena tidak ada yang istimewa tentang mereka!


Tinggal bersama penduduk setempat

Dalam dunia yang ideal, Anda akan memiliki cukup uang untuk tinggal di hotel bintang lima dan makan di restoran terbaik. Tetapi siapa yang ingin menghabiskan seluruh perjalanan mereka dengan menghabiskan semua uang mereka?

Dengan tinggal bersama penduduk setempat, Anda bisa merasakan kehidupan yang lebih baik di daerah tersebut-dan menghemat uang saat melakukannya. Jika Anda tinggal dalam jangka panjang, rumah Anda akan menjadi lebih dari sekadar tempat untuk tidur: Ini akan menjadi tempat teman-teman Anda dan tempat Anda berbelanja (dari makanan hingga pakaian). Ditambah lagi, jika Anda tinggal dengan penduduk setempat yang ingin ditemani sendiri atau dengan orang lain, Anda bisa bertemu dengan beberapa orang yang sangat menarik yang akan menunjukkan tempat-tempat rahasia di sekitar kota yang tidak akan disebutkan oleh pemandu wisata.

Jika memungkinkan untuk alasan apa pun (Anda tidak mengenal siapa pun), lihatlah couchsurfing atau menyewakan kamar cadangan seseorang melalui Airbnb saat bepergian ke luar negeri!

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memangkas biaya pada perjalanan Anda berikutnya ke luar negeri. Dengan mengikuti cara wisata murah ke luar negeri di atas, Anda akan dapat menghemat uang dan memiliki waktu yang lebih menyenangkan.