Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Semarang yang Asyik dan Menarik

5 Tempat Wisata di Semarang yang Asyik dan Menarik
5 Tempat Wisata di Semarang yang Asyik dan Menarik

5 Tempat Wisata di Semarang yang Asyik dan MenarikAnda sedang berkunjung ke Semarang, ada baiknya menjajal semua tempat wisata menarik yang ada di kota ini terlebih dahulu. Semarang adalah sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini merupakan bekas ibukota Hindia Belanda dan sekarang menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki populasi lebih dari 1 juta orang, menjadikannya wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.


Tempat Wisata di Semarang


Berwisata merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan, dan Semarang adalah salah satu kota yang tepat bagi Anda untuk berwisata. Akan tetapi, tempat wisata menarik apa saja yang ada di Semarang? Simak informasi di bawah ini agar semakin tahu.


1. Kampung Pelangi


Jika Anda mencari tempat dengan banyak warna, Rainbow Village atau Kampung Pelangi adalah tujuan yang menakjubkan. Dengan rumah-rumahnya yang berwarna-warni dan arsitektur yang unik, desa ini sangat layak untuk dikunjungi.


Anda dapat menghabiskan hari Anda di sini menjelajahi daerah ini dan menikmati semua pemandangan. Apalagi suasana perkampungan yang hangat dan teduh bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat setelah menghadapi hari yang berat.


Atau Anda dapat berkunjung di malam hari untuk menikmati makanan enak dan pemandangan yang lebih baik! Kampung Pelangi memiliki beberapa restoran dan kafe di mana Anda bisa mendapatkan makanan setelah seharian bertamasya.


2. Rumah Sampoerna


Sampoerna House adalah salah satu bangunan kolonial Belanda tua di Semarang, dibangun pada tahun 1730. Secara tidak langsung, tempat wisata di Semarang yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang cocok bagi Anda yang senang dengan dunia sejarah.


Rumah ini masih memiliki perabotan asli dan terbuka untuk umum. Ini adalah landmark bersejarah, jadi jika Anda tertarik untuk melihat bagaimana orang-orang dulu hidup, ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi!


Rumah ini telah direnovasi dan dipugar, tetapi masih mempertahankan pesona aslinya. Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi jika Anda ingin melihat bagaimana orang-orang dulu hidup di masa lalu.


3. Lawang Sewu


Lawang Sewu adalah bangunan kolonial Belanda yang terletak di Semarang. Terjemahan harfiah dari Lawang Sewu adalah "seribu pintu", tetapi juga kadang-kadang disebut Gedung Batu Belah karena memiliki banyak jendela dan pintu.


Selain bersejarah, tempat ini kerap menjadi salah satu destinasi horor yang digemari oleh para pemburu hantu. Anda yang penasaran pun bisa mengunjungi Lawang Sewu untuk mendapatkan atmosfer horor yang menegangkan dan menarik.


Dibangun pada tahun 1890, bangunan ini dirancang untuk kantor militer selama pemerintahan kolonial Belanda. Sejak saat itu, gedung ini direnovasi beberapa kali serta digunakan untuk tujuan lain, seperti rumah sakit dan sekolah menengah. Pada tahun 2014, bangunan ini dibuka kembali untuk umum setelah renovasi besar-besaran yang menghabiskan biaya Rp 4 miliar (sekitar US$ 300 000).


4. Kota Lama Semarang


Kota Lama Semarang adalah tempat di mana Anda bisa merasakan masa lalu. Ada banyak bangunan bersejarah, museum dan galeri seni di sini. Beberapa di antaranya adalah:


  • Menara jam dibangun pada tahun 1855. Bangunan ini merupakan landmark Kota Semarang, jadi jika Anda ingin berkunjung ke sini maka Anda tidak boleh melewatkannya!
  • Makam Tugu Muda adalah salah satu bangunan paling penting di Semarang karena memiliki banyak sejarah di dalamnya! Dibangun pada masa penjajahan Belanda dengan menggunakan berbagai bahan seperti batu, batu bata, kayu dan daun emas untuk membuat tempat yang indah ini terlihat sangat bagus!
  • Bangunan terkenal yang disebut Gereja Sion juga terletak di sini, jadi pastikan Anda tidak melewatkan untuk mengunjungi gereja ini saat berkeliling kota!


5. Klenteng Sam Poo Kong


Kuil Sam Poo Kong adalah objek wisata populer di Semarang, Indonesia. Kuil ini didedikasikan untuk Dewa Kekayaan, yang diwakili oleh seorang pria tua dengan janggut putih panjang dan kumis. Kuil ini terletak di Jalan Patih Ronggowarsito No. 27 di Kota Lama Semarang, di mana kuil ini dapat dikunjungi oleh siapa saja kapan saja, siang atau malam.


Jika Anda ingin berswafoto dengan dewa ini tetapi tidak memiliki nyali untuk memanjat anak tangga yang tinggi menuju singgasananya, Anda selalu dapat menemukan orang lain yang bersedia melakukannya untuk Anda dan membayarnya dengan uang tunai sebagai gantinya!


Itu dia beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kota Semarang, Kota ini memang memiliki banyak tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi. Kota ini adalah rumah bagi lebih dari 40 museum dan pusat seni yang layak dikunjungi jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang budaya lokal. 


Jika Anda memiliki waktu, kami sarankan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Rumah Sampoerna atau kompleks bangunan Lawang Sewu untuk merasakan seperti apa kehidupan pada masa kolonial ketika Indonesia berada di bawah kekuasaan Belanda. Semoga bermanfaat.