Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya Paling Eksotis

6 Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya Paling Eksotis
Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya Paling Eksotis


Alam adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli, itu adalah anugerah dari Tuhan. Alam adalah hal yang indah di dunia dan beberapa tempat wisata sangat menarik bagi pengunjung. Tempat wisata alam di Tasikmalaya juga salah satunya.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Jawa Barat, ada baiknya mengunjungi Tasikmalaya sebelum menjelajahi daerah lain. Sebab, ada banyak destinasi yang memanjakan mata dan tentunya sangat disayangkan jika dilewatkan. Simak beberapa tempat wisata alam di Tasikmalaya di bawah ini dan segera siapkan rencana liburan Anda.


1. Gunung Galunggung


Gunung Galunggung adalah objek wisata alam utama di Tasikmalaya, yang terletak sekitar 300 km dari Jakarta. Gunung ini memiliki berbagai macam flora dan fauna, seperti anggrek liar dan tanaman langka lainnya yang hanya dapat ditemukan di gunung ini. Selain keindahan alam Gunung Galunggung, banyak wisatawan juga datang ke sini karena telah menjadi tujuan pendakian yang populer dengan berbagai tingkat kesulitan tergantung pada preferensi individu.


Gunung Galunggung telah banyak dibicarakan akhir-akhir ini karena khasiat penyembuhannya yang terkenal. Banyak orang yang percaya bahwa mandi di sumber air panas Gunung Galunggung akan membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes dan demam rematik sehingga sudah umum bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini untuk tujuan pengobatan juga.


Selain itu, Gunung Galunggung juga terkenal dengan pemandangannya yang indah. Gunung ini memiliki banyak danau dan sungai yang ideal untuk memancing dan berenang. Selain itu, ada banyak tanaman dan hewan seperti monyet, babi hutan, rusa dan burung yang tinggal di sini yang membuat tempat ini lebih menarik.


2. Danau Cipatujah


Danau Cipatujah merupakan danau buatan yang terletak di Kecamatan Cipatujah. Pemandangan indah danau ini menjadikannya salah satu tempat wisata di Kota Tasikmalaya. Dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun dan perbukitan yang membuatnya ideal untuk berenang, memancing dan kegiatan air lainnya.


Danau ini tidak hanya menjadi tempat favorit bagi penduduk setempat, tetapi juga menjadi objek wisata yang populer. Letaknya yang berada di kaki Gunung Cimandiri, membuatnya terlihat lebih menarik dan memikat wisatawan. Danau buatan ini dibangun pada tahun 1976 oleh pemerintah sebagai bagian dari proyek pembangkit listrik tenaga air untuk menghasilkan listrik bagi Kota Tasikmalaya.


3. Gua Tlogo Putri


Jika Anda mencari objek wisata alam untuk dikunjungi di Tasikmalaya, Gua Tlogo Putri adalah pilihan yang sangat baik. Gua ini terletak di lereng Gunung Muria dan merupakan tujuan wisata populer. Gua ini memiliki bukaan pintu masuk yang besar dan merupakan rumah bagi banyak spesies kelelawar, yang menjadikannya habitat penting bagi satwa liar setempat.


Jika Anda adalah penggemar Batman, tentu mengunjungi gua ini akan mendapatkan atmosfer Batcave yang mengesankan. Gua ini juga merupakan salah satu tujuan spelunking paling populer di Indonesia, jadi jika Anda tertarik untuk menjelajahi gua atau melihat kelelawar dari dekat, ini harus menjadi perhentian pertama Anda!


4. Curug Bojongkeding


Curug Bojongkeding berada di daerah Sumberrejo, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Tasikmalaya. Sungai dan air terjun ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer dan mengalir langsung ke Danau Maninjau.


Waktu terbaik bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini adalah selama musim kemarau dari bulan Juni hingga September karena ketinggian air akan lebih rendah dari musim lainnya.


5. Curug Cimahi


Curug Cimahi adalah air terjun di kota Tasikmalaya. Terletak di dekat Pantai Batu Ampar, dan dapat dicapai dengan mobil atau sepeda motor.


Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata alam di Tasikmalaya ini adalah selama musim hujan (Mei-Oktober), ketika ketinggian air cukup tinggi untuk berenang.


Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan memiliki tiga tingkatan. Tingkat paling bawah adalah yang terluas, dengan lebar 30 meter. Tingkat kedua selebar 20 meter, sementara tingkat ketiga semakin sempit saat jatuh ke sungai di bawahnya.


6. Situ Sunter


Situ Sunter adalah sebuah danau di kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Ini adalah objek wisata populer di Tasikmalaya. Danau Sunter memiliki luas permukaan sekitar 1,2 km2 dan merupakan salah satu danau buatan terbesar di Indonesia. 


Danau ini dibentuk dengan membangun tanggul di Sungai Sunter yang pada masa sebelumnya dikenal sebagai Sungai Citarum, yang mengalir melalui Kabupaten Bandung sebelum bergabung dengan Sungai Citarum dan Sungai Kedung Ombo di Sukmajaya, Kabupaten Garut untuk menjadi Sungai Citandulan yang mengalir ke Laut Jawa Timur dekat Pantai Pasir Putih.


Setelah membaca artikel ini, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tempat wisata alam di Tasikmalaya. Kota ini memiliki beberapa destinasi yang layak dikunjungi. Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dengan melihat informasi yang disediakan di sini, atau Anda dapat meminta agen perjalanan Anda untuk membantu Anda dengan saran tempat mana yang menurutnya lebih cocok dengan kebutuhan Anda.