Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini 5 Cara Staycation Murah di Jogja Buat Anda yang Ingin Liburan

 

Begini 5 Cara Staycation Murah di Jogja Buat Anda yang Ingin Liburan
Cara Staycation Murah di Jogja Buat Anda yang Ingin Liburan

Frasa "staycation" adalah gabungan dari dua kata: "stay" dan "vacation". Ini adalah liburan yang tidak melibatkan perjalanan. Misalnya, Anda bisa tinggal di rumah atau di suatu tempat di dekatnya, tetapi tetap menikmati sesuatu yang istimewa di kota atau kota Anda. Dalam artikel ini, Tempat WisataKu akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara staycation murah di Jogja dengan menunjukkan beberapa pilihan akomodasi, makanan, dan kegiatan lainnya.



Begini 5 Cara Staycation Murah di Jogja Buat Anda yang Ingin Liburan


1. Pilih Akomodasi yang Murah

Untuk urusan akomodasi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda bisa menemukan hostel murah di Jogja yang cocok untuk staycation Anda. Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menginap di tempat yang memiliki dapur bersama, sehingga Anda bisa memasak makanan sendiri dan menghemat biaya makan. Selain itu, pilihlah tempat yang memiliki ruang bersama sehingga Anda dapat bertemu dengan wisatawan lain dan mendapatkan teman yang akan membantu membuat staycation Anda lebih menyenangkan!


Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih akomodasi adalah wifi gratis, yang memungkinkan Anda menjelajahi situs-situs seperti Instagram dan Facebook tanpa batas (yang kami tahu Anda sukai).



2. Bawa Makanan Dari Rumah

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah membawa makanan ringan dari rumah. Beberapa makanan ringan terbaik dapat ditemukan di bandara, jadi pertimbangkan untuk membeli beberapa di sana! Jika Anda menginap di hotel dan mereka memiliki mini-bar, Anda juga dapat menggunakannya sebagai sumber makanan yang tidak akan menghabiskan banyak biaya.


Jika membawa makanan ringan dari rumah bukanlah pilihan, maka silakan membelinya di salah satu dari banyak toko di Jogja. Anda akan menemukan semuanya di sini - mulai dari warung ayam goreng hingga pasar tradisional yang dipenuhi penjual buah segar.


Jika Anda menginap di hotel, cobalah mencari hotel yang memiliki mini-bar. Ini biasanya diisi dengan makanan ringan dan minuman yang dapat Anda ambil tanpa membayar ekstra - pastikan untuk menyingkirkan bukti apa pun (seperti pembungkus) sebelum check out! Jika Anda tidak menginap di hotel, maka pertimbangkan untuk membeli beberapa makanan ringan dari salah satu dari banyak warung di Jogja.



3. Berjalan-Jalan di Sekitar Tempat Tujuan

Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam berjalan-jalan di sekitar tempat baru dan masih belum bisa melihat semuanya. Dan bagian terbaiknya? Ini gratis! Anda juga dapat menggunakannya sebagai olahraga, atau hanya untuk menjelajahi lingkungan sekitar Anda.


Jika Anda mencari sesuatu yang lebih aktif, mungkin dengan teman atau pasangan, cobalah menjelajah dengan sepeda atau skuter (yang terakhir jauh lebih murah). Jika Anda bepergian sendiri dan tidak ingin menyewa sepeda sendiri, tanyakan apakah ada yang ingin menumpang sebelum menyewa sepeda; selalu ada orang yang bersedia!


Anda akan dapat bertemu dengan penduduk setempat yang mungkin memiliki cerita menarik tentang kota mereka yang sulit ditemukan di buku panduan. Ditambah lagi, berjalan kaki memungkinkan Anda menjelajahi daerah-daerah di mana turis tidak sering pergi-seperti ketika saya berada di Bogor baru-baru ini dan berjalan melalui beberapa gang belakang tanpa mengetahui ke mana saya akan pergi, tetapi akhirnya menemukan taman tepi danau yang indah yang tampak seperti tersembunyi dari pandangan oleh tembok dan pepohonan yang tinggi sampai sekarang.



4. Temukan Atraksi Gratis

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk jalan-jalan di Jogja. Ada banyak tempat wisata murah atau bahkan gratis di Jogja yang bisa Anda kunjungi.


Misalnya, Anda bisa mengunjungi candi dan pasar secara gratis, seperti Keraton dan Pasar Srinandhi. Ada juga banyak museum dan galeri yang gratis untuk dikunjungi, seperti Museum Sejarah Alam dan Museum Tekstil.


Jika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogja, ada banyak harga yang terjangkau untuk tempat wisata tersebut. Misalnya, Anda bisa mengunjungi Istana Air Taman Sari dengan harga Rp8.000 per orang. Candi Borobudur juga sangat terjangkau, hanya Rp5.000 untuk masuk ke kompleks candi.


5. Membeli Souvenir Lokal

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, membeli oleh-oleh lokal bisa menjadi cara yang terjangkau untuk berwisata. Di Jogja, ada banyak tempat populer yang menjual barang-barang buatan tangan dan produk makanan yang diproduksi secara lokal. Beberapa yang paling populer antara lain:


  • Pasar Ratu
  • Pasar Jalanan
  • Pasar Sukoharjo


Selain memiliki harga yang lebih murah, membeli oleh-oleh lokal juga ikut membantu pengembangan ekonomi yang ada di daerah tersebut. Bahkan, souvenir lokal pun ternyata kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk lainnya.


Jogja adalah kota yang sempurna untuk liburan murah meriah. Kota ini memiliki alam yang indah, budaya, dan makanan yang lezat. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk akomodasi atau biaya perjalanan karena Jogja menawarkan pilihan hotel dan transportasi yang terjangkau. Bahkan jika Anda ingin melakukan perjalanan petualangan di luar Yogyakarta, Anda akan menemukan banyak cara untuk melakukannya tanpa mengeluarkan banyak uang!