Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Oleh Oleh Khas Manado yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

 

Makanan Khas Manado, 12 Oleh Oleh Khas Manado yang Tak Boleh Kamu Lewatkan
Makanan Khas manado

Oleh Oleh Khas Manado - Manado adalah sebuah kota cantik yang juga terkenal karena memiliki aneka destinasi wisata menarik. Wisata Manado yang paling menarik adalah Spot Divingnya yang terkenal begitu indah.


Ya, salah satu Spot Diving yang paling populer sampai ke Manca negara di Manado ini tentu kamu tahu donk. Betul. Taman Laut Bunaken. Eh, tapi yang menarik dari Manado ini tentu tak cuma Taman Laut Bunakennya saja ya.


Manado Pun punya deretan makanan khas Manado yang Yummi dan super lezat. Aneka masakan dan makanan khas Manado ini pun sering dijadikan sebagai sasaran oleh-oleh loh.


Maklum, karena wisata Manado juga populer, tentu keberadaan 10 makanan khas Manado ini sangat mendukung. Jadi, ada banyak pilihan oleh oleh Khas Manado yang siap kamu bawa pulang. Mau tahu apa saja oleh oleh khas Manado yang tak boleh Kamu lewatkan ini? Ini dia daftar lengkapnya buat kamu.


12 Makanan Khas Manado yang Terkenal 


1. Halua kenari

Ini nih kue khas Manado yang menarik untuk dicoba. Halua Kenari terbuat dari bahan utama kacang kenari yang dilapisi dengan gula merah yang telah dilebur. Ya, kacang kenari ini memang tumbuh sangat subur di Sulawesi Utara. Jadi, pantaslah kalau kacang ini sering diolah sebagai jajanan makanan khas Manado halal.


Buat kamu yang tertarik menikmati Halua Kenari, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Camilan favorit masyarakat Manado ini, banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. Soal harga juga cukup bersahabat koh. Berkisar antara 10.000 – 45.000 Rupiah saja. Murah bukan?



2. Gohu atau Asinan Manado

Gohu ini juga sering disebut sebagai asinan Manado. Asinan khas Manado ini dibuat dari buah pepaya yang diris tipis, jahe, cabai merah, garam, cuka, dan gula merah. Semua bahan ini dicampur untuk diolah jadi sebuah manisan yang lezat.


Rasanya sungguh khas. Kalau ingin lebih khas dan nikmat, kamu bisa menambahkan terasi Manado sehingga rasa dan aroma gohu ini bisa semakin tajam. Selain itu, warna kuah gohu ini pun bisa berubah sedikit merah keunguan sehingga tampil lebih cantik.



3. Pala Manis

Pala manis adalah kudapan khas Manado yang sangat terkenal loh. Bahkan, negara tetangga seperti Malaysia pun sudah kenal dengan Pala Manis. Ya, Pala Manis ini memang telah diekspor hingga ke Malaysia.


Pala manis Manado berbeda dengan manisan pala di tempat lain ya. Pala manis Manado ini dibuat dari buah pala yang ditambah dengan cairan gula. Teksturnya pun lebih mengkilap dan lebih bersih. Kalau di daerah lain, manisan pala umumnya menggunakan gula pasir.



4. Klappertaart

Klapertaart ini adalah kue menarik karena terinspirasi dari kue khas Belanda yang dihias dengan sentuhan budaya Indonesia. Yap, klappertaart ini artinya cake kelapa atau tart kelapa loh. Jadi, kue ini dibuat dari kelapa muda, tepung, gula, margarin, susu, dan air kelapa.


Biasanya, klappertaart disajikan dalam keadaan dingin. Rasa klapertaart yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya jadi favorit banyak orang. Ow ya, kue ini juga bisa bertahan sampai 12 jam jika dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin.


Jadi, kamu bisa tuh membawanya terbang sebagai oleh-oleh dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya. Begitu sampai di lokasi segera masukkan ke lemari es ya. Ow ya, soal harga juga murah kok. Mulai Rp 15.000 hingga Rp 60.000-an saja.



5. Kacang Goyang

Kacang goyang ini bisa dikatakan sebagai camilan yang selalu ada di acara hajatan masyarakat Manado. Camilan khas Manado ini berupa kacang atom yang dibalut terigu dan kemudian dilumuri gula di lapisan luarnya. Jadi, warna kacang goyang ini pun bisa beragam.


Ada aneka bahan lain yang memang biasa ditambahkan ke kacang goyang ini. Seperti coklat Van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan lain yang sudah terdaftar aman. Ow ya, nama kacang goyang ini berasal dari proses pembuatannya yang memang dibuat dengan cara digoyang-goyang loh.


Buat kamu yang ingin menikmati kacang goyang yang spesial, kamu bisa datang ke daerah pembuat kacang goyang yang terkenal, yakni di Kotamobagu. Harganya mulai 10rb Rupiah hingga 25rb Rupiah.



6. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu ini bisa jadi pilihan favorit buat kamu yang doyan pedas. Pasalnya, makanan khas Manado ikan ini terbuat dari ikan cakalang ini biasa disajikan pedas. Cakalang Fufu dibuat dari ikan cakalang yang mengalami proses pengasapan.


Nah, proses pengasapan di Manado ini nih yang disebut fufu. Di Pelabuhan Nelayan Belitung memang ada banyak ikan cakalang. Karena stoknya yang banyak inilah, masyarakat pesisir berinisiasi untuk mengawetkan ikan tersebut.


Sebelum melewati proses pengasapan, ikan terlebih dahulu dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian ikan akan dibelah jadi dua dan dilumuri bumbu. Butuh waktu sampai 4 jam loh untuk proses pengasapan ini. Harga Cakalang Fufu ini berkisar antara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.



7. Dodol Amurang atau Dodol Manado

Manado pun punya dodol khas Manado yang dikenal dengan nama dodol amurang. Dodol amurang adalah makanan khas Manado yang banyak diproduksi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan. Oleh-oleh khas Menado ini dibuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, santan minyak kelapa murni yang belum disaring, kacang, dan juga kayu manis.


Aneka bahan ini menghasilkan sebuah dodol cantik berwarna coklat. Dodol ini akan dibungkus dengan daun kelapa, kemudian dikukus pada suhu setinggi 120 derajat celcius. Hasilnya, hmm, dodol Amurang yang rasanya super lezat. Pantas saja kalau banyak penggemarnya.


Buat kamu yang tertarik, kamu bisa menemukan dodol amurang ini dengan mudah di pusat-pusat jajanan di sudut kota Manado. Harga jualnya berkisar antara Rp 500 hingga Rp 5.000. Dodol ini pun sudah jadi hidangan wajib saat ada acara syukuran di Manado.



8. Panada

Makanan khas Manado panada adalah salah satu oleh-oleh yang populer di Manado. Sebetulnya, Panada ini bukan hasil olahan khas dari Manado, melainkan hidangan khas peninggalan bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad silam.


Nama Panada bermakna empanada, yang menunjukkan isian makanan ini yang berupa ikan dibungkus roti. Kue Panada memang berbentuk seperti pastel. Tapi isinya yang berbeda karena terbuat dari ikan cakalang dibumbu panpis.


Bumbu panpis adalah ikan cakalang yang dimasak menggunakan bawang merah, daun bawang, daun jeruk, kemangi, dan cabai merah. Tertarik mencoba? Harga kue ini murah banget kok, mulai 1.250 Rupiah saja.



9. Sambal Roa

Sambal roa ini sudah sangat populer sebagai sambal khas asli Manado. Sambal ini terkenal di seluruh Indonesia loh. Ada banyak penggemar dari sambal yang dibuat dari ikan roa yang telah diasap ini.


Proses pembuatannya, ikan roa yang telah diasap akan dihancurkan hingga halus. Ikan roa yang telah dihaluskan ini kemudian dimasak dengan bumbu dan minyak. Hasilnya, sebuah sambal roa yang sangat lezat dan nikmat.


Apalagi, kalau dinikmati bersama dengan nasi panas. Hmm, pasti lebih nikmat. Biasanya sih, kalau di Manado sendiri, sambal roa ini dinikmati dengan bubur Manado, masakan khas Manado. Buat yang tertarik, sambal roa ini pas sekali buat oleh-oleh.


Apalagi, sambal roa ini terbilang awet karena bisa bertahan hingga enam bulan jika berada pada suhu ruangan, dan bisa mencapai satu tahun jika disimpan dalam lemari es. Harga sambal ini murah saja. Antara 55.000 sampai 65.000 Rupiah. Pas khan buat oleh oleh khas Manado yang spesial?



10. Kue Apang

Kue Apang ini adalah kue khas Manado yang dibuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung terigu. Rasa kue Apang ini terkenal gurih dan manis karena dicampur dengan gula merah santan, serta ditambah dengan taburan kenari.


Buat yang tertarik menjadikan kue Apang sebagai oleh-oleh, kamu bisa mendapatkannya dengan harga hanya 3 ribu rupiah saja per satuannya.



11. Kue lampu-lampu

Kue lampu-lampu ini adalah kue unik khas Manado yang memiliki warna hijau. Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini terbuat dari gula merah, tepung terigu, tepung beras, santan, daun pandan, dan air daun suji.


Aneka bahan ini akan dibuat adonan lalu, dimasak dengan cara dikukus selama 80 menit. Hidangan ringan ini cukup murah loh. Harganya berkisar antara 1500 rupiah saja per buah. Meski murah, rasanya terbilang nikmat dengan tekstur yang lembut mirip agar-agar. 



12. Kue Pinende

Kue tradisional Pinende adalah sebuah hidangan khas yang menarik dari Manado. Kue pinende dibuat dari bahan dasar tepung ketan, garam, air panas, dan parutan kelapa. Kue ini lalu diberi taburan sirup gula merah.

 

Rasa kue Pinende tentu sangat lezat dan tentunya khas. Pas banget buat oleh oleh untuk keluarga di rumah deh. Jadi, oleh-oleh khas Manado yang mana yang kamu suka?