Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tempat Wisata Indonesia yang Terkenal Dengan Pemandangan Indah

20 Tempat Wisata Indonesia Dengan Pemandangan Indah
Tempat Wisata Indonesia Dengan Pemandangan Indah



20 Tempat Wisata Indonesia Dengan Pemandangan Indah - Indonesia dikenal sebagai negara dengan alam terindah. Dari Sabang sampai Merauke keindahan alam Indonesia tidak ada habisnya. Anda bisa menikmati keindahan alam ini dari pegunungan tinggi dan laut dalam.


Tak heran jika destinasi wisata alam di Indonesia menjadi bentuk wisata yang populer bagi wisatawan. Karena kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah yang tidak bisa kamu temukan di perkotaan. Mungkin Anda bisa memasukkan 20 Tempat Wisata Indonesia dengan pemandangan alam terindah ini dalam daftar perjalanan Anda selanjutnya. Dijamin tidak rugi.


1. Nusa Penida


Nusa Penida adalah salah satu pulau di Indonesia dengan bentang alam yang sangat indah. Terletak di sebelah tenggara Bali pulau ini memiliki banyak pantai yang indah. Diamond Beach memiliki banyak pemandangan yang indah. Tempat ini berjarak sekitar 45 menit dengan mobil dari Banjar Nyuh pintu gerbang menuju pulau tersebut.


Waktu terbaik untuk mengunjungi Diamond Beach adalah pagi-pagi sekali. Karena tempat wisata ini tutup pada pukul 18.00 WITA. Selain mengagumi keindahan pantainya Anda bisa menemukan banyak spot foto mulai dari anak tangga sebelum menuju ke pantai.


Jika Anda akan ke Nusa Penida jangan lupa untuk mendapatkan Paket Tour Nusa Penida dari Bali melalui Klook. Mulai dari Rp 500.000 saja Anda akan diajak ke banyak pantai indah mulai dari Keling Beach Tumbling Beach dan tentunya Diamond Beach.


2. Pulau Padar


Apakah Anda pernah ke Pulau Padar? Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Timur. Setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo. Anda harus mempersiapkan fisik yang prima saat mengunjungi pulau ini karena memiliki banyak kegiatan hiking.


Cara terbaik untuk menikmati keindahan pulau ini adalah dengan mendaki gunung. Dari atas bukit Anda bisa melihat pemandangan pantai berpasir yang memantulkan keindahan pulau-pulau lain di bawah deburan ombak.


Usahakan untuk memulai jalan kaki lebih awal di pagi hari agar Anda memiliki pemandangan matahari yang indah. Jika Anda beruntung Anda bahkan dapat menemukan rusa dalam perjalanan ke pantai. Namun komodo tidak berkeliaran bebas di pulau ini.


3. Pink Beach, Pulau Komodo


Jika biasanya pasir pantai berwarna putih atau hitam pantai di Pulau Komodo ini memiliki pasir berwarna pink. Maka tak heran jika dikenal dengan Pantai Pasir Pink. Ini mungkin fenomena alam karena hewan kecil bernama foraminifera meninggalkan pigmen merah di karang. Pada akhirnya karanglah yang memberi warna merah jambu pada pasir pantai.


Di pantai pink yang luar biasa ini Anda akan melihat alam yang tidak akan Anda lihat di pantai lain. Selain berfoto di pantai Anda juga bisa melakukan snorkeling diving dan aktivitas lainnya. Anda juga dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi pulau-pulau sekitarnya.


4. Kelingking Beach, Nusa Penida


Selain Diamond Beach, Nusa Penida juga memiliki Pantai Kelingking yang memiliki pemandangan yang sangat istimewa. Pantai Kelingking sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara dan bisa dikatakan sebagai simbol Nusa Penida saat ini. Alasan utamanya tentu saja pemandangan menakjubkan berupa bebatuan berbentuk kepala T-Rex.


Seperti namanya pantai kecil ini berbentuk seperti jari kelingking manusia. Jika dilihat dari atas warna-warni permukaan pantai ini sungguh menakjubkan dan indah.


5. Desa Pinggan, Bali


Siapa bilang wisata Bali itu semua tentang pantai ada tempat pemandangan indah lainnya di Bali selain pantai salah satunya adalah Desa Pinggan. Desa ini terletak di wilayah Kintamani. Desa Pinggan adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari. Melihat Desa Pinggan dari puncak gunung Anda bisa melihat desa di atas awan bukan hanya saat matahari terbit.

Karena letaknya yang tinggi di pegunungan suhu di desa ini sangat dingin. Jadi jika Anda tertarik mengunjungi Desa Pinggan siapkan pakaian yang tebal.


6. Geopark Ciletuh, Sukabumi


Sukabumi memiliki Geopark Siletuh yang dinyatakan sebagai Geopark Global oleh UNESCO beberapa tahun lalu. Anda bisa menikmati banyak tempat alami di geopark ini mulai dari pantai hingga air terjun hingga spot foto yang bagus.


Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal dan menarik di kawasan ini. Seperti Bukit Panenjoan, Air Terjun Sodong, Air Terjun Simarinjung, Vihara Dharma, Puncak Dewi Kwan Im,  Dinas Sinar, Kampung Kasepuhan, Sungai Sitarik dan masih banyak lagi.


7. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi


Taman Nasional Baluran terletak di Banyuwangi Jawa Timur. Taman ini melindungi binatang stepa seperti bison kerbau kijang monyet ekor panjang dan burung ekor panjang. Sebuah taman nasional tempat Anda bisa memotret savana luas yang konon sama dengan benua Afrika. Oleh karena itu Taman Nasional Baluran ini dinamakan Africa Van Java.


Dari hamparan savana inilah pemandangan Gunung Baluran terlihat jelas. Jika beruntung Anda dapat mengambil foto satwa liar yang lewat. Kawanan rusa melewati kawasan tersebut sering difoto oleh wisatawan.


8. Pulo Cinta, Gorontalo


Ada pulau tidak hanya di Maladewa tetapi juga di Indonesia. Itu disebut Pulo Cinta dan terletak di Teluk Tomni di Gorontalo. Disebut Pulo Cinto atau Pulau Cinta resor ini berbentuk seperti hati jika dilihat dari atas. Sebuah pulau dengan laut yang jernih dan bersih.


Pulau eksotis nan romantis ini termasuk dalam Coral Triangle. Akibatnya ada ekosistem terumbu karang besar di laut yang mengelilingi pulau. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Pulo Cinta Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan yang menyenangkan. Itu termasuk melihat bintang malam di pulau itu dan tentu saja snorkeling dan menyelam.


9. Raja Ampat, Papua Barat


Raja Ampat tidak bisa ketinggalan dari daftar 20 tempat wisata Indonesia dengan pemandangan terindah. Pulau-pulau di wilayah Papua Barat termasuk dalam 10 besar tempat pajak dan snorkeling di dunia. Anda dapat menjelajahi semua pulau di Raja Ampat. Di antaranya Pulau Missul, Salavati, Waigeo, Batanta dan pulau-pulau kecil lainnya. Semua pulau memiliki pemandangan yang indah.


Raja Ampat memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Ditambah lagi pemandangan alam seperti pantai dan teluk yang indah akan membuat anda tak akan pernah bosan untuk melihatnya.


10. Situ Gunung, Sukabumi


Tempat wisata lain di Sukabumi dengan pemandangan alam yang indah adalah Situ Gunung. Ini sebenarnya adalah tempat wisata yang berbentuk danau. Namun dengan dibangunnya jembatan gantung yang panjang namanya semakin terkenal. Jembatan ini menarik banyak wisatawan berkunjung ke Situ Gunung.


Jembatan Situ Gunung memiliki panjang 250 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 150 meter. Jadi jika anda berkunjung ke Situ Gunung jangan sampai tidak melewati jembatan ini. Dari sini Anda dapat menikmati pemandangan hijau yang indah.


Selain jembatan gantung, Anda juga dapat menikmati keindahan Danau Situ Gunung dengan mengunjungi Air Terjun Curug Sawer dan berkemah di bumi perkemahan camping ground menjadi hal yang menarik untuk dicoba.


11. Hutan De Djawatan, Banyuwangi


Ingin mengambil foto yang menyerupai latar belakang hutan dalam film fantasi seperti The Lord of the Rings? Yang harus Anda lakukan adalah menuju ke Hutan De Djawatan di Banyuwangi. Hutannya rimbun dengan puluhan pohon Trembesh yang tinggi. Bentuknya yang unik memungkinkan Anda mengambil gambar seolah-olah berada di dunia fantasi.


Dari kota Banyuwangi jarak ke De Djawatan sekitar 31 kilometer. Anda dapat mencapainya dalam waktu satu jam menggunakan kendaraan seperti sepeda motor. Anda bisa mengabadikan foto Instagramable di hutan ini dengan pemandangan hutan yang indah.


12. Goa Jomblang, Yogyakarta


Gua ini sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Aktor dan penyanyi Korea Lee Seung Gi juga pernah syuting di Gua Jomblang Gunungkidul ini.  Gua vertikal sedalam 60 meter ini berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.


Butuh usaha untuk turun dari goa ini. Setelah itu Anda akan dipuaskan dengan pemandangan lubang gua. Matahari bersinar melalui lubang ini dan pemandangan di dalam gua sangat indah sehingga menjadi tempat foto yang prima.


13. Goa Gong, Pacitan


Bagi yang berjiwa petualang spot pemandangan Gua Gong di Pacitan bisa menjadi pilihan yang menarik. Destinasi wisata alam yang satu ini cukup mendunia lho. Gua Gong memiliki panorama eksotik yang disebut-sebut sebagai salah satu gua terindah di Asia Tenggara.


Begitu masuk Anda akan disambut dengan pemandangan menakjubkan stalagmit yang terbentuk secara alami dan struktur stalagmit di gua ini. Untungnya gua itu dilengkapi dengan penerangan yang cukup dan fasilitas tangga yang memadai. Anda tidak perlu berusaha keras untuk melakukan ini. Lampu warna-warni menghiasi gua sepanjang 256 meter itu.


14. Kelabba Madja, Nusa Tenggara Timur


Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan keindahan pulau dan pantainya. Namun ada juga sebuah bukit bernama Kelabba Madja yang terletak di Pulau Sabu. Perbukitan berwarna-warni ini dikatakan sebagai perbukitan Painted Hills yang ada di Oregon di Amerika Serikat.

Batuan Kelabba Madja memiliki warna coklat putih kebiruan dan merah. Warna-warna yang dihasilkan alami seolah-olah dicat dengan kuas besar. Selain batu pelangi ada juga keajaiban berupa batu sisik. Ketiga batu ini berdiri kokoh di tebing yang terjal.


15. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara


Seperti diketahui Bunaken menjadi salah satu taman laut pertama di Indonesia yang dibuka pada tahun 1991. Keindahan yang terdapat di laut kerap mengundang decak kagum para pengunjung. Tidak ada tempat lain yang bisa meniru keindahan yang ada di laut Bunaken.


Karang vertikal transparan yang menjulang hingga kedalaman 25-50 m adalah pemandangan terbaik. Selain terumbu karang terdapat puluhan spesies ikan yang tak kalah indahnya. Taman Laut Bunaken juga menawarkan 20 tempat menyelam yang sangat baik. Bagi yang suka menyelam jangan lewatkan pengalaman menyelam di taman laut terindah di Indonesia ini.

16. Pantai Ngurtafur, Maluku


Keindahan alam bisa tampak nyata saat Anda berada di Pantai Ngurtafur. Pantai ini terletak di bagian tenggara Maluku. Ada yang unik dari pantai ini bentuk daratannya seolah membelah lautan. Jika Anda berjalan di pantai berpasir putih ini Anda akan merasa seperti berjalan di tengah laut.


Saat permukaan air rendah pasir ini terlihat membentang sejauh 2 km. Kemudian terlihat pasirnya seperti membelah laut kiri dan kanan. Jika beruntung Anda bisa menjumpai burung pelikan yang sering singgah di pantai Ngurtafur. Atau Anda mungkin melihat penyu berenang di pantai di balik kulitnya.


17. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur


Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau sering disebut sebagai Maladewa-nya Indonesia. Kepulauan ini memiliki empat pulau utama yang terkenal yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban. Setiap pulau unik dengan caranya sendiri dan semua pulau diberkati dengan keindahan alam yang luar biasa.


Berbagai aktivitas seru bisa Anda nikmati di pulau-pulau tersebut. Misalnya menginap di hotel terapung, berenang bersama ubur-ubur, trekking ke Gua Haji Mangu, menyelam di gua bawah laut dan berenang bersama ikan pari raksasa hingga menikmati kuliner khas Derawan.


18. Kawah Ijen, Bondowoso


Kawah Ijen merupakan objek wisata vulkanik yang terkenal di Indonesia. Anda akan banyak melakukan pendakian saat melintasi rute Gunung Ijen yang menantang jadi ada baiknya menjaga kebugaran fisik saat menuju destinasi ini. Meski demikian masih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang penasaran dan ingin menikmati keindahan alam Gunung Ijen.

Pemandangan yang wajib dilihat tentu saja api biru atau blue fire. Kebakaran ini biasanya terjadi pada malam hari dan pendaki harus mendaki setidaknya selama tiga hingga empat jam. Karena api biru seperti ini biasanya muncul di tambang belerang pada pagi hari. Udara dingin yang menggigit bukan halangan bagi wisatawan. Pakai jaket tebal!


19. Tana Toraja, Sulawesi Selatan


Tana Toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan. Tempat ini dikenal dengan upacara untuk menghormati orang mati dan ritual leluhur.  Bagi masyarakat awam adat istiadat Tana Toraja  ini cukup ekstrem.


Selain ritual adat yang unik tersebut Tana Toraja juga menyimpan keindahan alam berupa perbukitan bebatuan yang terjal. Ada sebuah gua di perbukitan ini yang digunakan untuk kuburan. Tembok gunung juga banyak digunakan sebagai kuburan gantung. Rumah adat dengan pesona yang unik dan persawahan yang luas membuat Tana Toraja tetap asri dengan pemandangan alam yang indah.


20. Air Terjun Leke-leke, Bali


Salah satu surga tersembunyi di Bali dikenal dengan Air Terjun Leke-Leke. Masih asing dengan nama air terjun ini? Air terjun Leke-leke terletak di Tabanan Bali. Tempat wisata Indonesia dengan pemandangan indah ini bisa dijadikan tempat bersantai karena lingkungannya yang tenang dan teduh. Air terjun yang indah ini semakin indah dengan tanaman hijau yang tumbuh di bebatuan di dekat air terjun.


Usai menikmati air terjun Anda bisa menjelajahi tempat-tempat wisata di sekitar Tabanan. Misalnya mengunjungi desa Mengesta dengan koleksi reruntuhan kunonya atau mengunjungi sumber air panas seperti Belulang dan Piling Kawang.