Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Murah

6 Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Murah
Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Murah


Pergi berlibur selalu menjadi impian saya. Saya selalu ingin pergi ke luar negeri dan mengalami kekayaan sejarah dan budaya yang ditawarkan negara lain. Tetapi karena keluarga saya cukup terbatas dalam hal keuangan, kami tidak pernah mampu membeli apa pun di luar perjalanan lokal. Namun, ada beberapa cara agar Anda tetap bisa menikmati liburan Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak uang. Tentu, Anda pun butuh tips agar bisa liburan ke luar negeri namun tetap murah.


Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Murah


Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa menghabiskan anggaran Anda:


1. Pilih Waktu yang Tepat


Anda juga harus menghindari peak season, akhir pekan dan hari libur nasional. Jika Anda bepergian selama liburan sekolah, Anda harus membayar lebih mahal karena meningkatnya permintaan. Demikian pula, akhir pekan yang panjang dan akhir atau awal bulan juga cenderung lebih mahal.


2. Buat Sebuah Perencanaan yang Jelas dan Rinci


Rencanakan ke depan. Jika Anda akan pergi ke tujuan populer, yang terbaik adalah memesan penerbangan dan hotel Anda sesegera mungkin. Anda mungkin harus membayar lebih, tetapi setidaknya perjalanan tidak dibatalkan karena kurangnya ketersediaan.


Tentukan waktu dan tempat wisata sebelum memesan penerbangan atau akomodasi Anda. Rencanakan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan, kegiatan apa yang ingin Anda lakukan selama liburan dan berapa lama perjalanan ini harus berlangsung (biasanya satu minggu sudah cukup).


3. Pilih Negara Tujuan


Memilih negara tujuan adalah langkah paling penting dalam merencanakan perjalanan Anda dan itu bisa sangat melelahkan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih negara tujuan Anda:


  • Pilih negara yang berbeda dari tempat asal. Anda ingin mengunjungi tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, jadi pilihlah negara yang memiliki budaya yang berbeda dari budaya Anda dan bahasa yang digunakan berbeda dari bahasa Anda. Misalnya, jika Anda orang Amerika, pergilah ke Prancis atau Jerman di mana orang-orangnya tidak berbicara bahasa Inggris dengan lancar jika Anda menginginkan pengalaman yang otentik!
  • Pilihlah negara yang dapat dijangkau dengan mudah tanpa bepergian terlalu jauh dari home base (rumah Anda). Jika memungkinkan cobalah untuk tidak mengambil beberapa penerbangan di antara penerbangan lanjutan karena ini mahal; sebagai gantinya cobalah mengemudi jika memungkinkan atau naik kereta api / bus jika perlu sampai mencapai titik tujuan akhir kedatangan Anda ke negeri asing tersebut!
  • Terakhir, cari tahu tentang kegiatan wisata yang ditawarkan oleh tempat-tempat seperti museum dan situs bersejarah di dekatnya; ini akan membantu menghibur pengunjung yang mungkin mudah bosan selama liburan panjang di luar negeri!


4. Cari Promo Tiket Pesawat Murah


Anda juga bisa mencari promo tiket pesawat murah. Beberapa maskapai penerbangan akan menawarkan diskon bagi mereka yang memesan di muka, jadi jika Anda berencana bepergian ke luar negeri, akan lebih bijaksana untuk merencanakan ke depan dan menemukan penawaran semacam itu.


Tidak jelas kapan dia akan berangkat, tetapi ada beberapa tarif promosi bagus yang tersedia sekarang, jadi manfaatkanlah selagi masih ada!


5. Mencari Penginapan Dengan Harga Terbaik


Sebelum Anda memulai pencarian, ingatlah faktor-faktor ini:


  • Harga terbaik. Jika Anda tidak ingin berbelanja secara royal untuk liburan mewah, pertimbangkanlah bahwa banyak hotel terbaik di dunia menawarkan akomodasi yang sangat baik dengan harga terjangkau.
  • Promosi atau penawaran diskon. Beberapa hotel menawarkan kamar diskon untuk menarik pelanggan baru dan memberi penghargaan kepada pelanggan setia, jadi sebaiknya sering-seringlah memeriksa situs web mereka untuk mengetahui penawaran ini sebelum memesan di tempat lain.
  • Penawaran dan penawaran. Hotel mungkin juga memiliki promosi musiman (seperti paket ski musim dingin) atau acara khusus yang sedang berlangsung yang layak untuk dicoba jika relevan dengan minat dan rencana perjalanan Anda (misalnya, jika Anda menginginkan sesuatu yang murah tapi tetap menyenangkan).


6. Mempersiapkan Dokumen dan Keperluan Perjalanan


Anda bisa mulai dengan membuat dokumen perjalanan untuk perjalanan Anda. Hal pertama yang harus dilihat adalah paspor Anda, yang harus berlaku setidaknya selama enam bulan dari tanggal keberangkatan dan memiliki halaman visa kosong.


Selanjutnya, Anda perlu membuat rencana yang jelas dan terperinci tentang tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi selama liburan dan berapa lama waktu yang akan Anda habiskan di setiap tempat. Teliti juga tentang cuaca dan iklim di tempat-tempat tersebut sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dengan pakaian atau perlengkapan yang tepat yang dibutuhkan untuk daerah-daerah tersebut. 


Untuk akomodasi, akan lebih baik jika Anda memeriksa beberapa hotel sebelumnya dan memesannya terlebih dahulu sehingga tidak akan ada kerumitan saat check-in di tempat mereka serta mendapatkan diskon dibandingkan dengan membayar mereka secara langsung selama Anda tinggal di kamar hotel atau area resor mereka.


Penting untuk memiliki rencana yang terorganisir dengan baik saat bepergian ke luar negeri. Bisa membuat stres dan berbahaya untuk pergi berlibur tanpa persiapan yang tepat. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli asuransi perjalanan, maka pertimbangkan untuk menabung uang tunai dengan mengurangi pengeluaran kecil seperti makan di luar.