Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Air Terjun Tertinggi di Indonesia 


Air Terjun Tertinggi di Indonesia - Sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam begitu banyak, Indonesia dikarunia dengan pesona alam terbentang seantero negeri mulai dari Aceh sampai dengan Papua. Selain itu, tidak heran juga di saat Negara Indonesia memang dijadikan sebagai salah satu pilihan negara yang telah menyajikan banyak destinasi wisata alam memesona dan terkenal di seluruh dunia. 


Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa rekomendasi air terjun tertinggi di Indonesia. Sedangkan, untuk Anda yang suka dengan wisata alam bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 



Air Terjun Tertinggi di Indonesia 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa untuk Negara Indonesia ini penuh dengan tempat destinasi wisata alam. Salah satu destinasi alam yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat adalah air terjun. Ada beberapa pilihan air terjun tertinggi di Indonesia yang bisa dipilih, yaitu: 



1. Air Terjun Sigura-Gura 

Air terjun tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Sigura-Gura. Pada air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian sampai dengan 250 meter. Selain itu, untuk lokasi dari Air Terjun Sigura-Gura ini berada di provinsi Sumatera atau lebih tepatnya berada di Kota Medan. 


Di daerah tempat wisata air terjun kali ini juga banyak dimanfaatkan oleh pemerintah dan penduduk sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Aliran dari Air Terjun Sigura-Gura dari Danau Toba, mengalir ke Sungai Asahan dan berakhir di Selat Malaka. 


Tidak ada salahnya untuk Anda yang berada di Kota Medan dan ingin merefresh pikiran bisa mengunjungi ke tempat wisata satu ini. Rute yang bisa dipergunakan untuk berkunjung ke Air Terjun Sigura-Gura adalah Siantar, Parapat, Balige dan Kabupaten Toba. 



2. Air Terjun Madakaripura 

Untuk air terjun tertinggi di Indonesia kali ini berada di Provinsi Jawa Timur. Ketinggian dari air terjun yang satu ini bisa mencapai dengan 200 meter. Dengan ketinggian tersebut bisa menjadikan air terjun tersebut berada di urutan nomor dua. 


Ada hal lain yang menjadi pembeda pada air terjun yang satu ini, yaitu mempunyai lokasi di ujung lembah sempit dan dikelilingi oleh tebing curam. Tidak menjadi air terjun tertinggi di Indonesia saja, akan tetapi juga di tempat tersebut juga mempunyai volume air yang melimpah. 


Pada saat ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun kali ini akan diberikan pemandangan yang indah dan eye catching. Paling tidak untuk waktu yang dibutuhkan untuk berkunjung ke lokasi dari pusat Kota Jawa Timur paling tidak 1 jam. 



3. Air Terjun Nokan Nayan 

Air Terjun Nokan Nayan berada di Kalimantan Barat dan mempunyai ketinggian sampai dengan 180 meter. Di tempat wisata air terjun yang satu ini mempunyai volume atau debit air begitu besar. 


Bahkan, pada air terjun tertinggi di Indonesia kali ini bisa sampai menciptakan kabut. Dibalik keindahan yang diberikan oleh Air Terjun Nokan Nayan ada juga cerita, bahwa lokasi tersebut dihuni oleh makhluk astral. 


Pada saat ingin melakukan kunjungan di tempat wisata air terjun yang satu ini harus mematuhi peraturan. Sampai dengan sekarang banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan air terjun Nokan Nayan sebagai tempat ritual adat. 



4. Air Terjun Lembah Harau 

Air terjun tertinggi di Indonesia yang keempat adalah Lembah Harau. Ketinggian dari air terjun Lembah Harau ini bisa mencapai dengan 150 meter. Selain itu, air terjun yang satu ini juga sudah sangat populer di kalangan wisatawan. 


Banyak dari kalangan masyarakat yang menjadikan Air Terjun Lembah Harau menjadi spot wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Lokasi dari Air Terjun Lembah Harau berada di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Ketika berada di Kota Padang atau Bukittinggi paling tidak harus menempuh perjalanan sejauh 7 km. 


Bagi Anda yang ingin melakukan explorer lebih banyak di Air Terjun Lembah Harau paling tidak membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 malam. Akan tetapi, di saat berada di musim kemarau untuk volume Air Terjun Lembah Harau mengalami kekurangan. 



5. Air Terjun Batang Kapas 

Air Terjun Batang Kapas mempunyai lokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Ketinggian dari air terjun tertinggi di Indonesia yang satu ini mencapai dengan 133 meter. Untuk sampai berada di destinasi air terjun tersebut membutuhkan perjuangan secara ekstra. 


Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Kota Pekanbaru paling tidak membutuhkan waktu perjalanan selama 6 jam. Setelah itu, untuk mencapai lokasi paling tidak membutuhkan waktu lagi selama 2 jam. Total perjalanan untuk mencapai Air Terjun Batang Kapas adalah 9 jam. 


Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 5 rekomendasi air terjun tertinggi di Indonesia. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi Anda yang suka dengan keindahan alam.