Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Romantis di Berastagi

 

Tempat Wisata Romantis di Berastagi
Tempat Wisata Romantis di Berastagi

Berastegi yang ada di Kabupaten Karo Sumatera Utara, memiliki berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Termasuk tempat wisata romantis di Berastegi juga tentu ada di sana. Namun, pastikan Anda memiliki kondisi fisik yang prima saat berwisata ke Berastegi. Karena ada beberapa tempat wisata di Berastegi yang memang cukup sulit diakses dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai tempat wisata yang dituju.


Namun tenang, tidak semua tempat wisata di Berastegi memerlukan tenaga ekstra. Karena ada beberapa juga yang mudah diakses. Berikut ini beberapa tempat wisata romantis di Berastegi yang perlu Anda ketahui.


1. Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata romantis di Berastegi yang pertama adalah Air Terjun Dua Warna. Mengapa disebut Air Terjun Dua Warna, karena air dari air terjun ini terdiri dari dua warna yakni hijau dan biru. Sumber air dari Air Terjun Dua Warna ini berasal dari bekas letusan Gunung Sibayak. 


Air Terjun Dua Warna ini memiliki ketinggian mencapai 75 meter atau tepat berada di area dekat camping ground Sibolangit. Bagi Anda yang yang ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan Anda dan pasangan Anda memiliki kondisi fisik yang fit. Pasalnya, untuk menuju ke Air Terjun Dua Warna Anda perlu melewati hutan terlebih dahulu. Makanya, selain mempersiapkan budget, Anda juga perlu menyiapkan kondisi fisik yang benar-benar prima.


Untuk tiket atau biaya masuk Air Terjun Dua Warna ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25.0000 saja. Itupun sudah termasuk biaya perawatan air terjun dan perlindungan hutan Sibolangit.



2. Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu merupakan tempat wisata romantis di Berastagi. Bukit Kubu ini sebenarnya adalah nama hotel yang ada di Berastagi. Hamparan padang rumput yang luas dan memanjakan, membuat siapa saja yang datang ke tempat ini akan betah berlama-lama di sini. 


Tempat ini sangat cocok bagi Anda dan pasangan atau dengan keluarga Anda. Di sini Anda bisa berpiknik, bermain, dan duduk tenang sembari menikmati kesejukan Bukit Kubu Berastagi.


Meskipun ini adalah hotel, tetapi Anda juga bisa berkunjung ke sini tanpa harus menginap. Jadi Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp. 30.000 untuk sepeda motor dan untuk mobil sebesar Rp. 100.000 (untuk weekday) serta Rp. 150.000 (untuk weekend).


Apa yang Anda bayar tersebut sudah termasuk fasilitas seperti tikar dan pcs layanan lainnya, serta bennag yang dapat Anda mainkan.



3. Kampung Tradisional Lingga

Tempat romantis di Berastagi berikutnya adalah Kampung Tradisional Lingga. Kampung Tradisional Lingga yang berada di Desa Lingga merupakan desa yang menjadi tujuan bagi para wisatawan di Kabupaten Karo. 


Desa Lingga ini berada di dataran yang cukup tinggi, yakni berada sekitar 1.200 meter dari permukaan laut. Desa ini memiliki perkampungan tradisional yang memiliki rumah adat berumur sekitar 250 tahun. Meskipun sudah terbilang tua, rumah-rumah adat tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunan tradisional di Deda Lingga di antaranya seperti jambur, geritan, lesung, sapo page, dan museum karo.


Untuk rumah adat di Desa Lingga sendiri memiliki keunikan tersendiri. Rumah adat di Desa lingga berupa panggung dengan tinggi kurang lebih 2 meter di atas tanah yang ditopang oleh tiang kayu berjumlah 16 buah.



4. Danau Lau Kawar

Tempat wisata romantis di Berastagi berikutnya adalah Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar berada tepat di kaki Gunung Sinabung, dengan ketinggian 2.451 Mdpl. Danau ini merupakan danau eksotis yang ada di kawasan ekosistem Leuser.


Karena berada di kaki gunung, tentu perlu ada tenaga yang prima sebelum Anda menuju ke danau ini. Di sepanjang perjalanan menuju danau, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon pinus, perkebunan, rumah adat karo, dan perkampungan warga lokal.

Untuk bisa masuk ke kawasan Danau Lau Kawar ini, anda cukup membayar Rp. 20.000 saja. Dengan biaya masuk yang cukup murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan Danau Lau Kawar dari dekat.



5. Taman Alam Lumbini

Meskipun tempat ini merupakan tempat wisata religi, tetap saja keindahan dan keunikannya bisa tetap dinikmati oleh berbagai kalangan dan latar belakang. Tak heran, jikalau Taman Alam Lumbini menjadi tempat wisata romantis di Berastagi.


Taman Alam Lumbini sendiri berada di Desa Tongkoh, Kec. Dolat Rayat, Berastagi, Kabupaten Karo. Keunikan yang ada di tempat ini adalah adanya pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Apalagi pada pagoda tersebut terdapat sentuhan warna emas yang mencolok dan menarik perhatian dengan tinggi mencapai 47 meter. 


Taman yang dibuka dan diresmikan pada Oktober 2010 ini berhasil mendapatkan rekor MURI untuk kategori stupa tertinggi di Indonesia dan termasuk replika tertinggi kedua di Asia Tenggara.


Itulah beberapa tempat wisata romantis di Berastegi yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.