Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Wisata Air Terjun di Bandung Paling Cantik dan Unik


Bandung dikenal sebagai kota pegunungan, tetapi kota ini juga merupakan surga bagi pecinta air terjun. Ada banyak air terjun di Bandung yang dapat Anda kunjungi selama Anda tinggal di kota ini. Jika Anda mencari cara berpetualang untuk menghabiskan waktu Anda atau hanya ingin menikmati keindahan alam, wisata air terjun bisa menjadi sempurna untuk Anda!


5 Wisata Air Terjun di Bandung Paling Cantik dan Unik

5 Wisata Air Terjun di Bandung Paling Cantik dan Unik
Wisata Air Terjun di Bandung Paling Cantik dan Unik


1. Coban Pelangi


Coban Pelangi adalah air terjun di Bandung, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan terletak di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Air terjun ini merupakan tujuan wisata populer bagi orang-orang dari seluruh Indonesia yang ingin menikmati keindahan alamnya.


Air terjun ini juga merupakan tempat yang populer bagi fotografer lokal, yang datang untuk mengambil gambar air terjun dan pemandangan sekitarnya. Coban Pelangi adalah tempat yang sempurna bagi pecinta hiking karena ada banyak jalan setapak yang mengarah ke atas gunung. Pemandangan dari atas benar-benar menakjubkan, terutama saat matahari terbit atau terbenam ketika ada lebih banyak warna di langit daripada biasanya.



2. Coban Rondo


Sangat mudah untuk sampai ke Coban Rondo, sebuah taman air terjun di Bandung. Stasiun kereta api terdekat adalah Stasiun Gemolong, yang berada di jalur kereta api Kereta Api yang membentang antara Bandung dan Jakarta. Dari sana, Anda bisa naik taksi atau bus ke taman.


Anda dapat mengharapkan taman yang indah ini dengan banyak tempat wisata seperti air terjun dan kolam di mana Anda bisa berenang dengan ikan. Taman ini juga memiliki area piknik di mana keluarga dapat bersantai bersama setelah mengunjungi semua atraksi di sini. Jangan lupa untuk membawa baju renang dan handuk karena salah satu hal terbaik tentang mengunjungi Coban Rondo adalah menghabiskan waktu di dekat air terjunnya!



3. Curug Cibaliung


Curug Cibaliung terletak di sisi barat Bandung, di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Air terjun ini terbentuk oleh sungai yang mengalir turun dari puncak Gunung Tangkuban Perahu. Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter dan merupakan salah satu air terjun di Indonesia yang memiliki sirkulasi udara yang kuat.


Terletak di dekat Jembatan Membangun, terletak sekitar 10 km dari pusat kota Bandung dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau mobil. Wisatawan yang ingin menjelajahi tempat ini juga dapat melakukan perjalanan dengan tur yang terorganisir dari akomodasi mereka di Jalan Gatot Subroto No 486-A Cikundul yang merupakan fasilitas wisata terdekat.


Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada akhir pekan karena selama hari-hari ini, ada lebih banyak orang datang ke sini untuk kegiatan rekreasi seperti hiking atau bersepeda di sekitar daerah ini.



4. Curug Cibedug


Curug Cibedug adalah salah satu air terjun yang dapat Anda kunjungi di Bandung. Air terjun ini terletak di Citeureup, yang berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota. Hal ini juga sangat mudah dijangkau melalui transportasi umum, karena bus dan mobil sering melewati lokasi ini.


Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, yang membuatnya mudah dijangkau tanpa kesulitan atau tantangan yang terlibat kecuali untuk berjalan melalui beberapa daerah berlumpur. Jika Anda berkunjung dengan anak kecil atau orang tua yang membutuhkan bantuan untuk menaiki tangga dan berjalan di sepanjang jalan yang licin, saya sarankan untuk membawa mereka dalam tur yang mencakup naik mobil listrik ke puncak air terjun di mana terdapat pemandangan Bandung yang menakjubkan!



5. Curug Tilu


Curug Tilu adalah tujuan populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, serta penduduk setempat yang ingin bersantai. Air terjun ini terletak di Cimahi, yang berjarak sekitar 30 menit dari Bandung dengan mobil. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Tilu adalah selama musim kemarau yakni pada Maret hingga April, karena hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses air terjun tanpa membuat kaki Anda basah.


Waktu lain yang baik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah selama musim hujan yakni pada Juli hingga September, karena akan ada lebih sedikit orang di sekitar dan lebih banyak air yang mengalir melalui sungai yang membuatnya lebih mudah untuk mengambil foto. Jika Anda berencana untuk turun ke jurang di belakang Curug Tilu, pastikan Anda mengenakan alas kaki yang tepat dan membawa banyak air kemasan


Mudah-mudahan, artikel ini telah memberi Anda beberapa wawasan tentang banyak air terjun yang menakjubkan di Bandung. Seperti yang Anda lihat, ada banyak pilihan bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan petualangan sambil menjelajahi lanskap unik kota ini. Apakah Anda memilih salah satu dari tur ini atau merencanakan petualangan air terjun Anda sendiri dari awal, yakinlah bahwa Bandung tidak akan mengecewakan!